- Welcome to my blog guys - Happy reading - Please leave a comment and follow my blog and my others acount - Thanks you -

Search

Translate

Sehat itu Mahal, Tapi Tak Harus Mahal

December 26, 2012
Air memegang peranan penting bagi kehidupan manusia, hewan, dan tumbuhan. Dari sudut pandang biologi, air memiliki sifat-sifat yang penting untuk adanya kehidupan. Air dapat memunculkan reaksi yang dapat membuat senyawa organik untuk melakukan replikasi. Semua makhluk hidup yang diketahui memiliki ketergantungan terhadap air. Air merupakan zat pelarut yang penting untuk makhluk hidup dan adalah bagian penting dalam proses metabolisme. Air juga dibutuhkan dalam fotosintesis dan respirasi.

Air yang kita butuhkan adalah air yang memenuhi persyaratan kesehatan baik persyaratan fisik, kimia, bakteriologis dan radioaktif. Air yang tidak tercemar, didefinisikan sebagai air yang tidak mengandung bahan-bahan asing tertentu dalam jumlah melebihi batas yang ditetapkan sehingga air tersebut dapat dipergunakan secara normal.

Untuk konsumsi air minum menurut departemen kesehatan, syarat-syarat air minum adalah tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak mengandung logam berat. Walaupun air dari sumber alam dapat diminum oleh manusia, terdapat risiko bahwa air ini telah tercemar oleh bakteri (misalnya Escherichia coli) atau zat-zat berbahaya. Walaupun bakteri dapat dibunuh dengan memasak air hingga 100 °C, banyak zat berbahaya, terutama logam, tidak dapat dihilangkan dengan cara ini.
Di daerah tempat aku menetap sekarang pun, sumber air bersih sangat susah didapat. Sekalipun ada air PAM, tetapi tidak bisa dimanfaatkan. Entah kenapa, namun yang pastinya pemerintah telah menghimbau masyarakat tentang hal itu melalui media. Memanfaatkan air dari sumur bor lebih parah lagi. Airnya jernih namun untuk dikonsumsi tidak sehat, airnya berkarat. Ketika dimasak terasa pahit.

Mengkomsumsi air galon pun belum tentu terjaga kebersihannya, kadang-kadang ada kotoran di dalam kemasannya. Rasa airnya pun juga berubah-ubah.


Sumber Air Bersih

Air sebagian besar terdapat di laut (air asin) dan pada lapisan-lapisan es (di kutub dan puncak-puncak gunung), akan tetapi juga dapat hadir sebagai awan, hujan, sungai, muka air tawar, danau, uap air, dan lautan es. Air dalam obyek-obyek tersebut bergerak mengikuti suatu siklus air, yaitu: melalui penguapan, hujan, dan aliran air di atas permukaan tanah (runoff, meliputi mata air,sungai, muara) menuju laut. Air bersih penting bagi kehidupan manusia.

     Sungai
Rata-rata lebih dari 40.000 kilometer kubik air segar diperoleh dari sungai-sungai di dunia. Ketersediaan ini (sepadan dengan lebih dari 7.000 meter kubik untuk setiap orang) sepintas terlihat cukup untuk menjamin persediaan yang cukup bagi setiap penduduk, tetapi kenyataannya air tersebut seringkali tersedia di tempat-tempat yang tidak tepat. Sebagai contoh air bersih di lembah sungai Amazon walupun ketersediaannya cukup, lokasinya membuat sumber air ini tidak ekonomis untuk mengekspor air ke tempat-tempat yang memerlukan.
       
     Curah Hujan
Dalam pemanfaatan hujan sebagai sumber dari air bersih, individu perorangan/berkelompok/pemerintah biasanya membangun bendungan dan tandon air yang mahal untuk menyimpan air bersih di saat bulan-bulan musim kering dan untuk menekan kerusakan musibah banjir.

Air Permukaan dan Air Bawah Tanah
Air permukaan adalah air yang terkumpul di atas tanah atau di mata air, sungai, danau, lahan basah, atau laut. Air permukaan berhubungan dengan air bawah tanah atau air atmosfer.
Air permukaan secara alami terisi melalui presipitasi dan secara alami berkurang melalui penguapan dan rembesan ke bawah permukaan sehingga menjadi air bawah tanah. Meskipun ada sumber lainnya untuk air bawah tanah, yakni air jebak dan air magma, presipitasi merupakan faktor utama dan air bawah tanah yang berasal dari proses ini disebut air meteor.
Air permukaan merupakan sumber terbesar untuk air bersih.

Pencemaran Air

Sumber-sumber air bersih ini biasanya terganggu akibat penggunaan dan penyalahgunaan sumber air seperti :
  1. Pertanian. Penghamburan air akibat ketiadaannya penyaluran air yang baik pada lahan yang diairi dengan irigasi (untuk penghematan dalam jangka pendek) dapat berakibat terjadinya kubangan dan penggaraman yang akhirnya dapat menyebabkan hilangnya produktivitas air dan tanah.
  2. Industri. Walaupun industri menggunakan air jauh lebih sedikit dibandingkan dengan irigasi pertanian, namun penggunaan air oleh bidang industri mungkin membawa dampaknya yang lebih parah dipandang dari dua segi. Pertama, penggunaan air bagi industri sering tidak diatur dalam kebijakan sumber daya air nasional, maka cenderung berlebihan. Kedua, pembuangan limbah industri yang tidak diolah dapat menyebabkan pencemaran bagi air permukaan atau air bawah tanah, sehingga menjadi terlalu berbahaya untuk dikonsumsi. Air buangan industri sering dibuang langsung ke sungai dan saluran-saluran, mencemarinya, dan pada akhirnya juga mencemari lingkungan laut, atau kadang-kadang buangan tersebut dibiarkan saja meresap ke dalam sumber air tanah tanpa melalui proses pengolahan apapun. Kerusakan yang diakibatkan oleh buangan ini sudah melewati proporsi volumenya. Banyak bahan kimia modern begitu kuat sehingga sedikit kontaminasi saja sudah cukup membuat air dalam volume yang sangat besar tidak dapat digunakan untuk minum tanpa proses pengolahan khusus.
  3. Eksploitasi sumber-sumber air secara masal oleh rumah tangga.
Kelangkaan Air Bersih

Akibat pencemaran-pencemaran di atas, persediaan air bersih menjadi langka. Akibat dari Ketiadaan air bersih:

  1. Penyakit diare. Di Indonesia diare merupakan penyebab kematian kedua terbesar bagi anak-anak dibawah umur lima tahun. Sebanyak 13 juta anak-anak balita mengalami diare setiap tahun. Air yang terkontaminasi dan pengetahuan yang kurang tentang budaya hidup bersih ditenggarai menjadi akar permasalahan ini. Sementara itu 100 juta rakyat Indonesia tidak memiliki akses air bersih.
  2. Penyakit cacingan.
  3. Pemiskinan. Rumah tangga yang membeli air dari para penjaja membayar dua kali hingga enam kali dari rata-rata yang dibayar bulanan oleh mereka yang mempunyai sambungan saluran pribadi untuk volume air yang hanya sepersepuluhnya.
Dewasa ini air menjadi masalah yang perlu mendapat perhatian yang seksama dan cermat. Karena untuk mendapatkan air yang bersih, sesuai dengan standar kesehatan, saat ini menjadi barang yang mahal karena air sudah banyak tercemar oleh bermacam-macam limbah dari hasil kegiatan manusia, baik limbah dari kegiatan rumah tangga, limbah dari kegiatan industri dan kegiatan-kegiatan lainnya. Dan ketergantungan manusia terhadap air pun semakin besar sejalan dengan perkembangan penduduk yang semakin meningkat.


Air sangat dibutuhkan oleh semua mahluk di dunia. Oleh karena itu, seiring dengan meningkatnya kebutuhan manusia berbagai upaya dilakukan untuk menyediakan air bersih yang aman bagi kesehatan. Salah satunya adalah Pureit, inovasi terbaru dari Unilever. Pemurni air dengan teknologi modern dan canggih yang dapat menghasilkan air minum yang terlindungi dari kuman berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit.


Air yang dihasilkan Pureit dapat langsung diminum tanpa perlu dimasak. Pureit adalah cara mudah, praktis dan dengan harga yang terjangkau untuk mendapatkan air minum yang terlindungi dari kuman berbahaya. Pureit menghilangkan virus, bakteri, dan parasit berbahaya serta menghilangkan kotoran di dalam air; sehingga air yang dihasilkan jernih, tidak berbau dengan rasa yang alami.
Cara Menggunakan Pureit
  1. Pureit tidak memerlukan sambungan ke keran.
  2. Sangat praktis digunakan. Tinggal tuangkan air tanah/PAM mentah yang biasa kita masak untuk minum ke wadah bagian atas Pureit melalui Saringan Serat Mikro.
  3. Kapasitas wadah atas 9 liter dan wadah transparan 9 liter.
  4. Tersedia dalam dua warna pilihan: putih biru dan putih marun.
  5. Tidak memerlukan listrik atau gas.
Proses Kerja Pemurnian Air Dibagi ke Dalam 4 Tahap

  1. Saringan Serat Mikro menghilangkan semua kotoran yang terlihat.
  2. Filter Karbon Aktif menghilangkan pestisida dan parasit berbahaya.
  3. Prosesor Pembunuh Kuman menghilangkan bakteri dan virus berbahaya dalam air.
  4. Penjernih menghasilkan air yang jernih, tidak berbau, dengan rasa yang alami.
Komponen 2-3-4 disebut Germkill Kit (Perangkat Pembunuh Kuman) yang akan memurnikan 1500 lt air setara dengan 80 galon (suhu air 25o C, kelembaban sedang) untuk 6-8 bulan pemakaian. Masa pakai Germkill Kit tergantung dengan pemakaian air keluarga.
Ingat: Air yang dimasukkan ke dalam Pureit adalah air yang biasa direbus untuk diminum.

Fitur Tambahan Pureit


1. Germkill Life Indicator akan memberitahukan kapan harus mengganti Germkill Kit. Jika Germkill Kit yang sudah habis masa pakai belum diganti. Mekanisme penghentian otomatis akan menghentikan aliran air dari wadah atas sehingga menjamin keluarga kita selalu mendapatkan air minum yang aman.
2. Garansi 1 tahun untuk cacat produksi sejak tanggal pembelian.
3. Kapasitas wadah atas 9 liter, wadah transparan 9 liter.
4. Pureit memenuhi kriteria ketat internasional dari Environmental Protection Agency (EPA), Amerika Serikat, untuk menghilangkan bakteri dan virus berbahaya.
5. Pureit mendapatkan sertifikat dari lembaga ilmu pengetahuan di Asia dan Eropa seperti:
  • UGM, ITB, IPB untuk kinerja Pureit
  • Sucofindo untuk kinerja Pureit
  • Scottish Parasite Diagnostic Laboratory, Glasgow, Inggris
  • Indian Public Health Association
  • London School of Hygiene and Tropical Medicine (University of London), Inggris
Cara Kerja Pureit
  1. Isi penuh 9 liter air PAM/tanah mentah wadah bagian atas. Air akan mulai mengalir di wadah transparan 45 menit - 1 jam.
  2. Buang air isian pertama untuk melakukan pembilasan dan lakukan proses pembilasan ini sebanyak 3 kali.
  3. Setelah itu isi kembali wadah bagian atas dan air di wadah transparan sudah siap diminum.
  4. Pengisian kedua dan seterusnya akan memakan waktu 15-30 menit.
  5. Simpan pompa plastik di tempat aman (nanti dibutuhkan untuk keperluan pembersihan).
Keunggulan Pureit
  1. Sangat praktis. Hanya memasukkan air ke dalam alat dari bagian atas, Pureit akan memurnikan air untuk siap minum.
  2. Tidak memerlukan gas, listrik, dan saluran pipa.
  3. Biaya per liter pemurnian air hanya Rp100, jauh di bawah harga air galon dari merek ternama (Rp526/liter), air isi ulang (Rp187/liter), dan air rebus (Rp107/liter).
  4. Air terlindungi dari kuman berbahaya penyebab penyakit dengan menggunakan standar terketat EPA (Environmental Protection Agency) USA yang menghilangkan log 6 bacteria, log 4 virus, dan log 3 parasites.
  5. Pureit memiliki indikator yang dapat menunjukkan lebih awal kapan perlu mengganti Germkill Kit (mekanisme penghentian otomatis).
  6. Kapasitas hingga 9 liter di top chamber ditambah 9 liter di transparent chamber.
  7. Garansi satu tahun.


Keunggulan Pureit Dibandingkan dengan Memasak Air
  • Jauh lebih praktis
  • Mampu menghilangkan kontaminasi dalam air minum Anda yang tidak dapat dihilangkan dengan hanya memasak seperti merkuri, pestisida, karat besi dan sebagainya.
  • Pureit sangat terjangkau dan hemat.
Keunggulan Pureit Dibandingkan dengan Membeli Air Isi Ulang Rutin
  • Tidak perlu khawatir kehabisan air isi ulang di rumah kita.
  • Tidak perlu ragu akan sumber air yang digunakan untuk air isi ulang kita.
  • Tidak perlu ragu bagaimana air diproses di depot isi ulang.
  • Tidak perlu repot menyediakan air isi ulang secara rutin di rumah kita.
  • Menghemat sejumlah uang setiap bulannya karena kita tidak perlu lagi membeli air isi ulang.
Keunggulan Pureit Dibandingkan dengan Membeli Air Galon Bermerek
  • Menghemat uang tiap bulannya karena kita tidak perlu lagi membeli air galon.
  • Tidak perlu khawatir kehabisan air galon di rumah.
  • Tidak perlu repot menyediakan air galon di rumah kita terus-menerus.
  • Tidak perlu khawatir akan keamanan dan kualitas air galon yang kita gunakan setelah galon tersebut keluar dari pabrik.      
Sekarang, kita tidak perlu repot dan khawatir lagi menyiapkan air minum yang aman untuk keluarga. Karena kini telah hadir, cara baru yang praktis dan terjangkau untuk mendapatkan air yang terlindungi sepenuhnya dari kuman. Pureit adalah cara mudah, praktis dan dengan harga yang terjangkau untuk mendapatkan air minum yang terlindungi dari kuman berbahaya.

Pureit dan Kehidupan

Dari ulasan di atas dapat kita ambil kesimpulan, bahwa Pureit adalah salah satu inovasi yang dapat menjaga kelestarian alam dan bermanfaat untuk kehidupan kita dan memiliki manfaat jangka panjang untuk masa depan, seperti :
  1. Penghematan Minyak Tanah, Gas dan Listrik. Dengan menggunakan Pureit, kita ikut menjaga kelestarian sumber energi dan kelestarian lingkungan.
  2. Menghasilkan Air Jernih yang Sehat. Pureit dapat menghasilkan air minum yang terlindungi dari kuman berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit.
  3. Menghemat Pengeluaran. Mengingat kebutuhan manusia yang semakin meningkat, Pureit mengajak kita untuk berhemat. Mendapatkan air yang bersih tanpa perlu mengeluarkan banyak uang. Sehat itu mahal, tapi tak harus mahal. 
Menjaga Kelestarian Air Bersih

Lebih dari 10 juta jenis zat kimia beredar dalam kehidupan manusia yang limbahnya masuk ke badan air dan membuat pencemaran. Maka pencemaran air harus dikendalikan sedemikian rupa untuk mencegah kerusakan ekologi secara lebih luas. Cara mencegah pencemaran air merupakan satu-satunya hal yang mutlak dilakukan untuk menjaga ketersediaan air bersih untuk kehidupan.
  1. Gunakan air dengan bijaksana. Hindari penggunaan air secara berlebihan. 
  2. Kurangi penggunaan deterjen. Senyawa dalam deterjen terbukti berpengaruh buruk terhadap lingkungan, apalagi jika dipakai dalam jumlah berlebihan.
  3. Kurangi konsumsi obat-obat kimia. Obat-obatan kimia yang kita konsumsi menimbulkan reaksi kimia dalam tubuh, dan sebagian terbuang lewat saluran sekresi. Namun, limbah kimianya masih berpeluang mengontaminasi air. Belum lagi dengan sisa obat kimia tidak termakan yang kita buang begitu saja ke tempat sampah. Senyawa kimianya akan bereaksi terhadap tanah dan menimbulkan pencemaran.
  4. Kurangi penggunaan obat nyamuk dan pembasmi serangga. zat kimia yang kita semprotkan akan tersimpan di dalam tanah, membuat reaksi kimia yang mencemari lingkungan.
  5. Kurangi penggunaan bahan-bahan yang sulit terurai. Penggunaan barang-barang tersebut bisa berdampak pada pencemaran air, apalagi jika barang-barang tersebut dibuang dengan sengaja di aliran-aliran air.
  6. Kelola sampah rumah tangga dengan baik. Pemisahan sampah organik dan non-organik memudahkan pengelolaan sampah di Tempat Pembuangan Akhir. Sebab, sampah-sampah yang tidak terkelola dengan baik akan menimbulkan senyawa kimia akibat proses bakterial yang merusak ekologi air
  7. Menanam pohon. Polusi udara berkurang, berefek pada bersihnya atmosfer, dan air hujan tidak tercemar.
  8. Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. Asap knalpot merupakan polutan utama yang mengontaminasi udara.  Udara yang kotor secara tidak langsung akan mempengaruhi kebersihan air. Pengurangan penggunaan kendaraan bermotor diharapkan menekan tingkat emisi karbon dan menurunkan pencemaran udara. 
  9. Menggalakkan industri daur ulang. Sampah-sampah yang tidak terkelola menjadi masalah tersendiri bagi lingkungan. Kebiasaan membuang sampah ke kali atau sumber air menjadi penyebab utama tercemarnya air. Karena itu, industri daur ulang sampah merupakan cara mencegah pencemaran air yang masuk akal.
  10. Pengelolaan limbah pada industri rumah tangga. Limbah industri rumah tangga adalah penyumbang pencemaran air tertinggi dalam lingkungan padat penduduk. Sebab, industri rumah tangga dan industri kecil menengah cenderung tidak mengindahkan pengelolaan limbah, sebagaimana terdapat dalam industri besar. Penyuluhan serta mencontohkan langkah-langkah konkret adalah cara mencegah pencemaran air yang bisa dilakukan. 
  

Sumber :

2 comments: