- Welcome to my blog guys - Happy reading - Please leave a comment and follow my blog and my others acount - Thanks you -

Search

Translate

SONGKET BENANG EMAS KHAS SUMATERA BARAT

July 09, 2012

img
Kalau Nusa Tenggara Timur punya kain tenun ikat yang khas, Sumatera Barat punya kain songket yang tak kalah cantik. Cocok untuk dijadikan oleh-oleh saat liburan ke sana.

Saat liburan ke Sumatera Barat, jangan kaget begitu melihat harga sebuah kain yang bisa mencapai jutaan rupiah. Ini bukanlah kain sembarangan, bisa jadi kain yang Anda lihat adalah kain songket kebanggan penduduk Minangkabau.
Bagi warga Minangkabau, kain songket merupakan salah satu kain spesial kebanggaan mereka. Biasanya digunakan untuk acara besar, seperti pernikahan atau acara adat lainnya.

Betapa tidak spesial, kain ini cukup mahal karena cara pembuatannya yang masih tradisional ditambah jenis benang yang digunakan. Jenis benang yang digunakan adalah benang emas yang dikombinasikan dengan benang berwarna lainnya. Inilah yang membuatnya spesial.

Berbeda dengan songket yang ada di daerah lain, songket Sumatera Barat dibagi 4 jenis, yaitu benang 1, 2, 3 dan 4. Songket terbaik dan termahal adalah kain songket benang 1.

Yang membedakan keempat kain tersebut adalah cara pembuatannya. Pembuatan kain songket benang 1 lebih rumit dan membutuhkan waktu lebih lama, karena sang penenun harus memasukkan benang sehelai demi sehelai hingga menjadi satu lembar kain utuh.

Sedangkan benang 4, pembuatannya lebih mudah dan lebih cepat karena penenun langsung memasukkan 4 benang sekaligus dalam mesinnya. Kain yang dihasilkan pun berbeda tingkat kekakuannya. Songket benang 1 lebih lemas dan halus dibandingkan songket benang 4.

Penasaran soal harga? Sebaiknya siapkan uang yang cukup banyak jika ingin membeli kain ini. Harga dimulai dari kisaran Rp 900.000 untuk benang 4, hingga jutaan rupiah untuk benang 1.

Songket kebanggaan Sumatera Barat ini bisa Anda temui di hampir seluruh toko kain yang ada di Ranah Minang. 


1 comment: