- Welcome to my blog guys - Happy reading - Please leave a comment and follow my blog and my others acount - Thanks you -

Search

Translate

AIR TERJUN LEMBAH ANAI

October 03, 2010
16 September 2010

Setelah asyik bermain di Kawasan Wisata Kandi, mobil melaju ke arah Batu Sangkar. Namun tiba di sebuah persimpangan ke arah Istana Pagaruyung Batu Sangkar, kami memilih jalur lain. Tujuannya ke Air Terjun Lembah Anai. Jiah... Padahal aku ingin sekali pergi ke Istana Pagaruyung lagi, karena setalah bencana kebakaran waktu itu aku belum lagi berulang ke sana, melihat Istana yg sudah tak asli lagi.
Waktu telah menunjukkan lewat dari jam makan siang. Artinya, sumatera bagian tengah minta diisi, lapar! Kami mencari tempat yang sejuk sebelum sampai di Air Terjun Lembah Anai, yaitu di tepi sungai yang mengalir di seberang jalan Air Terjun.

 Aliran sungai di seberang jalan dari Air Terjun

Makan siang pake Samba Lado Jariang (Jengkol). ^_^

Selesai makan, foto-foto dan bermain dulu di sungai yang airnya dingin banget.

Air Terjun Lembah Anai terletak di Lembah Anai, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat, Indonesia. Berada di pinggir jalan yang menghubungkan Kota Padang dan Kota Bukittinggi, dua kota yang menjadi sentra bagi tata pemerintahan, pertumbuhan ekonomi, dan pariwisata di Provinsi Sumatra Barat. Lokasinya yang tepat berada di sisi jalan, membuat air terjun ini mampu menarik perhatian para wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Air terjun ini termasuk ke dalam kawasan konservasi cagar alam Lembah Anai, namun sayangnya cagar alam tersebut seolah tersembunyi di balik nama besar Air Terjun Lembah Anai.
Keindahan panorama yang dipancarkan Air Terjun Lembah Anai dengan “citra alam” yang masih asri menunjang peningkatan kunjungan para wisatawan ke daerah Sumatra Barat. Oleh karena itu, Pemerintah Daerah Provinsi Sumatra Barat melalui Dinas pariwisata menetapkan objek wisata Air Terjun Lembah Anai sebagai salah satu ikon pariwisata di provinsi ini.
Sumber Air Terjun Lembah Anai berasal dari Gunung Singgalang. Airnya yang jernih mengalir menyusuri perbukitan menuju lereng, lalu mengalir terus melewati cagar alam Lembah Anai sebelum sampai di tepi tebing yang curam. Dari tebing ini, aliran air kemudian terjun ke dasar lembah yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan membentuk kawah tempat air berkumpul. Airnya yang turun dengan cepat saling susul-menyusul dan memercikkan kabut air. Kabut tersebut membentuk gugusan indah yang berwarna-warni ketika disinari oleh cahaya mentari.


Air Terjun Lembah Anai

Menuju area Air Terjun

Airnya dingin benget uey! Lihat aja ponaanku gemetaran gitu.

Sebelum sampai di lokasi, baik bagi para wisatawan yang datang dari Kota Padang maupun Kota Bukittinggi akan melewati jalan yang berkelok-kelok dengan pemandangan yang indah. Di sebelah kanan dan kiri jalan, para pelancong dapat menyaksikan lembah dan bukit yang menghijau ditumbuhi aneka pohon. Di sepanjang jalan menjelang Air Terjun Lembah Anai, para wisatawan juga dapat menyaksikan monyet-monyet yang berkeliaran seakan-akan dengan senang hati menyambut kehadiran para pelancong yang datang dari jauh. Hal tersebut juga tidak jauh berbeda dengan suasana yang ada di sekitar objek wisata, di mana gerombolan monyet juga banyak berkeliaran.
Jika wisatawan memulai perjalanan dari Kota Padang, perjalanan dapat ditempuh selama lebih-kurang 1 jam menggunakan angkutan umum, dengan ongkos sekitar Rp 15.000―Rp 20.000 per orang (Agustus 2008). Selain angkutan umum, kereta api pariwisata juga dapat menjadi alternatif.
Di sekitar lokasi terdapat beberapa fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh para wisatawan guna menambah kenyamanan berekreasi. Di sepanjang jalan di lokasi wisata ini terdapat warung yang menyajikan aneka makanan dan minuman, serta beraneka oleh-oleh khas Sumatra Barat, seperti keripik sanjai, beras rendang, galamai (dodol), dan aneka oleh-oleh lainnya. Bagi para wisatawan yang tidak sempat mempersiapkan makanan menjelang berangkat menuju objek wisata ini tidak usah khawatir, karena di antara sekian banyak warung yang berjejer di sepanjang jalan juga terdapat beberapa rumah makan yang menyajikan aneka hidangan khas masakan Padang.
Untuk kenyamanan para pelancong yang menggunakan mobil pribadi, tersedia parkir yang cukup luas untuk parkir kendaraan. Selain itu, obyek wisata ini juga memiliki fasilitas kamar mandi sebagai tempat mengganti pakaian dan membilas badan setelah selesai mandi di bawah guyuran air terjun.
 
Rel kereta api di seberang jalan Air Terjun
 
Kereta api di kawasan wisata Lembah Anai

Berfoto dengan backgroud Air Terjun, di depannya adalah rel kereta api



0 komentar:

Post a Comment