- Welcome to my blog guys - Happy reading - Please leave a comment and follow my blog and my others acount - Thanks you -

Search

Translate

TAMAN WISATA KANDI - SAWAHLUNTO

October 02, 2010
16  September 2010

Biasanya tiap kali Lebaran, jarang-jarang sih aku sekeluarga jalan-jalan bersama keliling Sumatera Barat (Itu yang sering disebut, walaupun bukan mengelilingi semuanya. Bisa berhari-hari kali). Yang ada tuh, aku ikut sama keluarga Papa. Sedangkan Uda (Kakak laki-laki) aku yang sudah berkeluarga pergi bersama isteri dan anak-anaknya. Dan Uda aku yang masih bujang pergi bersama kawan-kawannya. Lebaran kali ini, kita empat bersaudara beserta kakak ipar dan keponaanku, jalan-jalan bersama. Sayangnya Papaku tidak mau ikut. Jadi yang pergi, anak-anak muda semua. Hehe...
            Tujuan wisata kali ini ke Sawahlunto, katanya ada tempat wisata baru dan masih dalam tahap pembangunan. Taman Satwa Kandi namanya. Sebenarnya banyak sekali objek wisata yang terdapat di daerah Sawahlunto. Ada waterboom, taman rekreasi, ada museum dll. Manajemen yang bagus dan baik dari pemerintah dalam mengembangkan objek wisatanya patut kita acungi jempol. Lepas dari pemasukkan utama daerah tambang batu bara yang sekarang sudah habis, pemerintah Sawahlunto sekarang ini gencar mengembangkan proyek pariwisatanya.
Taman Satwa Kandi adalah sebuah obyek wisata yang unik karena pengunjung yang datang di tempat ini bisa menikmati 2 obyek menarik sekaligus. Selain bisa melihat koleksi satwa kebun binatang, di tempat ini terdapat juga sebuah danau yang bernama Danau Tandike. Taman Satwa Kandi diresmikan pada tanggal 1 Desember 2006 oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata saat itu, yaitu Ir. Jero Wacik, SE. Lokasi ini tepatnya berada di Salak, Kec. Talawi, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat.
Koleksi satwa yang ada di Taman Satwa Kandi sekarang ini telah mencapai 108 ekor diantaranya seperti Gajah Sumatera, Unta, Beruang, Kanguru dan lain-lain. Satwa yang menghuni kandang, selain didatangkan dari sekitar Sawahlunto sendiri, beberapa diantaranya sengaja didatangkan dari luar provinsi Sumatera Barat. Satwa tersebut antara lain adalah 4 ekor Gajah Sumatera (didatangkan dari Pusat Latihan Gajah Minas Duri – Riau), 2 ekor Unta Punuk Satu, serta 2 pasang Kanguru dan 2 pasang Rusa Jawa (didatangkan dari Kebun Binatang Gembiraloka, Yogyakarta). Beberapa satwa yang telah jinak dan terlatih, dapat berinteraksi langsung dengan pengunjung. Pengunjung bisa menaiki satwa-satwa tersebut. Contohnya Gajah, Unta, maupun Kuda dengan harga yang relatif terjangkau. Tahun 2010, telah direncanakan untuk menambah beberapa satwa yang dilindungi seperti Harimau, Singa dan Urang Utan. Tentu saja hal tersebut akan semakin melengkapi koleksi satwa yang telah ada dan makin membuat Obyek Wisata Kandi akan sayang apabila dilewatkan dalam daftar obyek wisata yang harus dikunjungi.
Untuk wisata air, di Taman Satwa Kandi terdapat  bebek air, perahu naga, speed boat, banana boat, bola-bola gila, dan lain-lain. Ada juga permainan yang lainnya seperti bermain gokart, bermain motor, flying fox, pain ball atau point blank, dan lain-lain.
Buat kawan-kawan jangan lupa mampir ke sini ya... Dan selamat menikmati hasil dokumentasi di bawah ini :


 Welcome to Kandi

 Makan Sate Padang dulu sebelum masuk ke Kandi

Naik Onta, jagain ponaanku

Kakak Tua & Kera

Tu apa yah? Lupa! Sebelah kanan itu Kancil

Flying Fox

Bebek Air

 Tembakan dan Bola Gila

1 comment: